Budidaya Buni


     Buah buni munkin sedikit asing di telinga kita, karena buah ini bisa dibilang jarang yang menjualnya, bentuknya bulat kecil-kecil dan bergerombol menyerupai buah anggur.

     Manfa'at buah buni lumayan banyak karena kandungan gizi dan fitonutrienya yang tinggi. Buah buni mengandung:
-Vitamin C,
-Provitamin A,
-Vitamin B1,
-vitamin B2, dan
-Vitamin E
-Mineral Besi fosfor,
-photasium/ kalium
-Serat

         Syarat Tumbuh
     Buah Buni adalah pohon tropik. Di daerah tropik buni dijumpai tumbuh dari 0 m dpl (diatas Permuka'an Laut). sampai di atas 1000 m dpl. Di Indonesia, Buah buni ditanam di propinsi-propinsi bagian timur yang beriklim muson, juga di bagian barat yang lembap. Pohon buni biasa tumbuh di hutan sekunder pada tahap awal suksesinya, yang menggeser padang rumput yang marginal. Walaupun begitu, pohon buni dapat mempertahankan pertumbuhannya pada tanah liat berlempung.

         Pedoman Budidaya
     Buah Buni sangat mudah diperbanyak dengan
-benih,
-stek batang,
-cangkok,
-penempelan, dan
-penyambungan.
     Cangkokan cabang yang berdimeter 2-5 cm umumnya dapat berakar setelah 95 hari. Tunas yang agak tua, panjangnya 3-4 cm, licin dan berwarna hijau, bertangkai daun dan berlentisel hendaknya digunakan untuk usaha penempelan.
     Umur batang bawah tidak terlalu berpengaruh. Penanaman di lapangan dianjurkan menggunakan jarak tanam 6-8 m. Pohon jantan mungkin saja tidak diperlukan, sebab sebagian besar pohon betina menghasilkan banyak bunga sempurna yang dapat melaksanakan penyerbukan secukupnya.


         Hama dan Penyakit
     Informasi mengenai serangan hama dan penyakit pada jenis-jenis Antidesma jarang dijumpai. Rayap, kutu tepung, dan kutu perisai kadang-kadang menyerang pohon buni; salah satu laporan dari Singapura menyebutkan suatu kejadian kerusakan yang hebat pada daun-daun buni oleh larva kumbang Autoserica rufocuprea.


         Panen dan Pasca Panen
     Pohon yang berasal dari semai dapat berbuah 4-5 tahun setelah ditanam. Tanaman yang diperbanyak secara aseksual dapat mulai berbuah 1-2 tahun. Musim buah hanya berlangsung 2 bulan. Tandan buah buni dipanen dengan tangan dibantu dengan galah bambu; lebih baik digunakan kantung jala untuk menampung cabang-cabang tandan yang rontok.
     Pohon buni dapat menghasilkan panen yang baik, tetapi satu-satunya indikasi tentang hasil (puncaknya) yang nyata diperoleh dari dua pohon di Florida, yang masing-masing menghasilkan 270 kg dan 400 kg buah dalam semusim.

Sumber:
tanamanlahan




              Khasiat / manfa'at buni

Sifilis

Bahannya ;
- 50 puluh butir buah buni yang telah masak,
- 50 lembar daun sambiloto
- 7 lembar daun ngokilo
- 10 lembar daun pegagan
- 1 jari batang brotowali
- 3 jari gula aren
- 4 gelas air

Cara membuatnya :
     Setelah cuci dan potong-potong bila perlu, rebus sampai air tersisa 2,25 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari 3 kali masing-masing 0,75 gelas. lakukan selama 20 hari berturut-turut.


Kurang Darah

Bahannya :
- 50 butir buah buni yang telah masak
- 2 jari asam kawak
- 0,75 jari rimpang kunyit
- 0,5 cangkir air matang
- 1 sendok makan madu

Cara membuatnya :
     Cuci buni dan tumbuk buni, asam kawak dan rimpang kunyit sampai halus. Tambahkan air dan madu, aduk sampai rata, saring, peras, dan minum. Lakukan 3 kali sehari selama 10 hari berturut-turut.


Jantung berdebar

Bahannya :
- 25 butir buah buni yang telah masak
- 6 lembar daun kaca piring segar
- 10 lembar daun sembung segar
- 1 jari telunjuk kayu manis
- 0,5 jari telunjuk jahe
- 2 jari gula aren
- 4 gelas air

Cara membuatnya :
     Setelah semua bahan dicuci bersih dan potong-potong bila perlu, rebus hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas. Lakukan selama 14 hari.


Darah Tinggi

Bahannya :
- 30 butir buah buni yang telah masak
- 1 cangkir air hangat

Cara membuatnya ;
     Setelah dicuci bersih, kunyah sampai halus. Daging ditelan dan biji dibuang. setelah itu, segera minum secangkir air hangat. lakukan 3 kali sehari selama 7 hari berturut-turut.

Sumber:
na-tura

Semoga Bermanfa'at

Artikel Terkait:

2 comments:

patokgubukan said...

dimanakah toko/orang yang menjual bibit buah buni saya inggin sekali menanamnya.....terimakasih..

Anonymous said...

Coba aja kesini sob>
http://kios.tabloidtransagro .com/ ?p=189,